Sambutan Dekan

Selamat datang di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Selama lebih dari 20 tahun, kami berupaya untuk memberikan pendidikan kesehatan masyarakat yang terbaik bagi generasi muda Indonesia. Lulusan kami telah tersebar di berbagai sektor: instansi pemerintahan, perusahaan swasta, rumah sakit negeri dan swasta, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di berbagai daerah, institusi pendidikan kesehatan masyarakat, dan sebagainya.

 

Terletak di Cirendeu, kampus utama Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Kesehatan Masyarakat memiliki lingkungan belajar yang nyaman bagi mahasiswa dengan bermacam-macam fasilitas dan akses yang mudah menuju kampus. Kami juga menjalin kerja sama dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Perusahaan sebagai tempat magang bagi mahasiswa, sehingga mereka memiliki keahlian sebelum lulus. Fakultas Kesehatan Masyarakat juga sedang mengembangkan kerja sama internasional dengan kampus-kampus di luar negeri dengan harapan mahasiswa dapat bersaing di kancah global, terutama era masyarakat ekonomi ASEAN.

 

Atas nama Fakultas Kesehatan Masyarakat, saya ucapkan selamat mengunjungi website kami. Selamat “berselancar” mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Jika membutuhkan lebih banyak informasi, silakan hubungi atau kunjungi kami. Fakultas kami selalu terbuka bagi siapa pun.

 

 

Dr. Andriyani, M.Ag

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Latar Belakang

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta berdiri sejak tahun 1996, dengan Dekan yang pertama adalah dr. Syafri Guricci, M.Si. Pada perkembangannya, fakultas ini berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan dengan bergabungnya program D3 Keperawatan pada tahun 1998 dan pendirian program S1 Keperawatan pada tahun 2001. Fakultas ini kemudian berganti nama lagi menjadi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan dengan berdirinya program S1 Kedokteran pada tahun 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat kemudian mendapatkan namanya kembali setelah terjadi pemisahan dengan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan pada tahun 2018 sesuai dengan Keputusan Rektor.

 

Saat ini Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta dipimpin oleh Dr. Andriyani, M.Ag. Fakultas Kesehatan Masyarakat memiliki dua jenjang program studi, yaitu S1 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kesehatan Masyarakat. Tenaga pendidik Fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri. Metode pembelajaran yang digunakan berorientasi kepada mahasiswa, beberapa mata kuliah menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta metode Problem based Learning (PBL) diterapkan pada mata kuliah yang dapat diintegrasikan. Hal ini sebagai wujud komitmen FKM UMJ untuk menghasilkan lulusa yang mampu bersaing di era globalisasi.

Translate »